Warga Limun Dihebohkan Dengan Penemuan Pura, Helmi Kadikbud Bilang Begini Ceritanya

oleh -2.597 views

Tampak Kadikbud Helmi dan Jajaran serta Camat, tokoh masyarakat saat menelusuri kebenaran sejarah pura di Demang Kecamatan Limun, Kabupaten Sarolangun.


PENAJAMBI.ID, Sarolangun – Warga Desa Demang Kecamatan Limun Kabupaten Sarolangun, belum lama ini dihebohkan dengan penemuan benda yang diduga mengandung nilai sejarah menyerupai Pura agama Hindu.

Edi Kusnadi warga Limun saat dihubungi membenarkan hal itu, menurut dia informasi dan penemuan itu tersebut sudah lama dan baru buming akhir-akhir ini.

“Sudah lama pura itu ditemukan warga, cuma baru buming sekarang setelah ada yang posting di akun Facebook,” kata Edi, kepada awak media penajambi.id, Minggu (27/10/2019).

Dia menjelaskan, konon cerita dari tokoh masyarakat bahwa, dahulu ada seorang wanita mengaku dari Bali mencari makam atau kuburan nenek moyangnya yakni sekitar antara tahun 1999/2000.

Wanita ini kata edi, memiliki garis silsilah keturunan nenek moyang yang dimakamkan di wilayah Demang. Dan akhirnya menemukan makam itu yang berada di pinggir sungai tidak jauh dari pemukiman warga yang menurut dia adalah keturunan nenek moyangnya.

“Untuk jelasnya, itu perlu ada ahli sejarah dan ahli arkologi peninggalan kuno yang berkompten, namun yang jelas bangunan itu ada. Di Desa Demang, disana ada datuk Jalil itu juga paham cerita dibangun pura itu kapan,” kata Edi lagi.

Terpisah Helmi SH. Kepala Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan saat dihubungi mengatakan bahwa, dirinya sudah turun kelokasi dan menanyakan langsung dengan tokoh masyarakat setempat tentang sejarah pura itu.

“Saya dan staf beberapa hari yang lalu dapat info itu langsung ke lokasi cek kebenarannya, memang benar ada bangunan dekat kuburan mirip pura hindu,” kata Helmi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *