Tiga Bulan Melangun, Serda Tamrin Temukan Orang Tua Prada Budi Di Hutan Batanghari

oleh -4.548 views

Serda Tamrin saat menjemput Temenggung Bebayang di pondoknya wilayah Kabupaten Batanghari.


SAROLANGUN – Melangun merupakan tradisi Suku Anak Dalam (SAD) wilayah Jambi, begitu yang dilakukan Temenggung (Bebayang), orang tua dari seorang anggota TNI Kodam Sriwijaya Prada Budi, warga Kecamatan Air Hitam Kabupaten Sarolangun.

Berburu dan mencari rotan di hutan belantara adalah salah satu cara mereka bertahan hidup dalam mencari kehidupan, dengan hasil itu pula dijual untuk memenuhi kebutuhan sehari hari keluarganya.

Namun kondisi tersebut berbeda dengan biasanya, sebab sudah tiga bulan melangun tapi tidak ada kabar dan berita, sehingga membuat masyarakat setempat dan Babinsa Serda Tamrin merasa khawatir akan keselamatan orang tua dari Prada Budi.

Akhirnya, dengan penuh rasa kepedulian Tamrin berkeliling mencari tahu dimana lokasi tempat melangun temenggung tersebut melalui temannya. Dan diketahuilah bahwa mereka pergi melangun mencari Rotan di wilayah Tembesi Kabupaten Batanghari.

“Alhamdulillah, setelah melakukan pencarian selama dua hari kita temukan temenggung bebayang di wilayah hutan tembesi dalam Kabupaten Batanghari kurang lebih 100 KM dari kota Tembesi,” kata Babinsa Air Hitam Kodim 0420 Sarko, Serda Tamrin, Senin, (07/10/2019).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *