Terkuak, Ternyata Dalam Diri Cek Endra Mengalir Darah Kepemimpinan Pendiri Jambi

oleh -2.176 views

Bupati Sarolangun Drs H Cek Endra dan Kakeknya Ahmad Basyariah.


PENAJAMBI.ID, Sarolangun – Menguak sejarah siapa sebenarnya sosok Bupati Sarolangun Drs H.Cek Endra cukup begitu menarik, pasalnya merebak isu yang mengatakan bahwa beliau bukan asli Sarolangun melayu Jambi.

Namun jika dilihat sepintas orang nomor satu di Sarolangun tersebut, membuat orang keliru sebab perawakannya mirip keturunan mandarin yang berkulit putih tubuh gempal dengan mata sipit.

Padahal tidak. Ternyata, inilah faktanya bahwa, Drs H. Cek Endra lahir pada 17 Maret 1958 Kecamatan Mandiangin. Putra sulung dari H Cek Mak dan Hj Hafni Rosna, seorang anak yang sejak kecil sudah dekat dengan dengan dunia usaha.

Sebab sang ayah ketika itu adalah seorang saudagar karet yang cukup mapan dan terkenal pada zamannya. Dengan kondisi itu membuat pria yang sejak kecilnya dipanggil Endra ini akrab dengan dunia perdagangan.

Dari sanalah jiwa wirausahanya tumbuh dari kecil, bahkan sampai kuliah Cek Endra sempat nyambi dagang pakaian dari Jakarta ke Sarolangun. Padahal secara ekonomi keluarganya cukup mapan, namun dia tidak ingin kekayaan orang tuanya membuat dia menjadi manja dan malas.

Tidak sampai disitu saja, rupanya dalam tubuh Cek Endra juga mengalir darah seorang pemimpin sebab buyutnya waktu itu merupakan abdi negara yang bernama Ramalip adalah seorang Pasirah di Marga Batin IV Mandiangin.

Akhir dari pengabdian sang buyut, kemudian kepemimpinan Ramalip dilanjutkan oleh putranya sendiri Ahmad Basyariah yang juga menjadi Pasirah.

Ahmad Basyariah yang merupakan kakek kandung dari H Cek Endra tercatat sebagai camat pertama Sarolangun, pada tahun 1962 pernah menjadi camat Batang Asai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *